dok, apa sih bedanya rutin melakukan skincare dengan treatment di klinik kecantikan?”

dok, apa sih bedanya rutin melakukan skincare dengan treatment di klinik kecantikan?”

Kali ini, dr. Emilia Kasturi berkesempatan mengedukasi kalian terkait perbedaan manfaat menggunakan skincare dan manfaat melakukan treatment kecantikan untuk lapisan kulit dalam👍🏻

Rejuvenation treatment atau juga dikenal dengan skin rejuvenation adalah prosedur perawatan wajah yang dapat dilakukan untuk membantu meremajakan kulit dengan mengatasi tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, garis halus, hiperpigmentasi, dan lain sebagainya.

Apa itu Rejuvenation Treatment?

Skin rejuvenation atau rejuvenation treatment adalah metode peremajaan kulit yang bertujuan untuk memulihkan kulit dari tanda-tanda penuaan, baik karena faktor usia, lingkungan, maupun riwayat kesehatan.

Secara umum, prosedur kecantikan ini dilakukan untuk menghilangkan lapisan terluar kulit yang rusak serta merangsang produksi kolagen dan elastin agar bisa membentuk lapisan kulit baru yang lebih sehat.

Manfaat Rejuvenation Treatment

Adapun sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan rejuvenation treatment secara rutin adalah sebagai berikut ini.

  • Menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh.
  • Mengurangi kerutan dan garis halus pada kulit di area wajah.
  • Meratakan warna kulit.
  • Mengencangkan dan mencerahkan kulit.
  • Menyamarkan bekas jerawat dan bekas luka pada kulit.
  • Membersihkan dan menyamarkan pori-pori kulit wajah.

Laser Rejuvenation

Laser rejuvenation adalah prosedur perawatan wajah yang memanfaatkan sinar laser, yaitu cahaya berenergi tinggi yang transmisinya difokuskan ke area kulit tertentu untuk merangsang produksi kolagen pada permukaan kulit. Umumnya, prosedur ini dilakukan untuk menyamarkan bekas luka, noda hitam, stretch mark, kutil, dan kerutan pada wajah.

Terdapat dua jenis laser rejuvenation yang dapat dilakukan untuk membantu meremajakan kulit, yaitu:

Laser ablatif: Dilakukan dengan cara mengikis lapisan terluar kulit (epidermis) yang mengalami kerusakan. Karena itu, prosedur ini biasanya dapat menimbulkan luka pada kulit.

Laser nonablatif: Prosedur perawatan laser yang bekerja di dalam lapisan dermis untuk merangsang produksi kolagen tanpa melukai permukaan kulit.

Chemical Peeling
Chemical peeling adalah solusi pengelupasan kulit menggunakan bahan kimia yang diterapkan pada wajah, leher, atau tangan untuk kulit yang halus dan bersih. Teknik ini populer karena mampu mengatasi berbagai masalah kulit. Perawatan wajah ini mengobati garis-garis halus, kerutan, kerusakan akibat sinar matahari, pori-pori besar, jerawat, pigmentasi, dan berbagai masalah kulit lain.

Microneedling
Prosedur dermaroller yang menggunakan jarum kecil untuk menusuk kulit ini bertujuan menghasilkan kolagen dan jaringan kulit baru agar kulit tampak lebih halus dan kencang. Microneedling banyak digunakan pada wajah dan dapat mengobati berbagai bekas luka, kerutan, dan pori-pori besar.  Anda mungkin akan mengalami sedikit kemerahan dan iritasi selama beberapa hari.

Mesotherapy
Dengan teknik memasukkan obat alami dan vitamin ke dalam lapisan kulit memakai jarum khusus berukuran kecil, mesotherapy menjadi salah satu jenis perawatan wajah untuk kulit glowing yang paling efektif. Mesotherapy memiliki banyak manfaat, mulai dari menghilangkan kelebihan lemak di wajah, memudarkan kerutan dan garis halus, hingga memudarkan pigmentasi kulit (flek hitam dan noda hitam).

Filler
Filler adalah zat seperti gel yang disuntikkan di bawah kulit untuk meningkatkan kontur wajah dengan mengembalikan volume yang hilang, mengisi kerutan, dan menghaluskan kulit. Setelah Anda menjalani injeksi filler, perbaikan kontur wajah akan segera terlihat.

Efek samping perawatan wajah ini cukup minim, seperti kemerahan, bengkak, dan memar ringan di tempat suntikan. Namun, tenang saja, efek samping ini secara bertahap akan hilang selama beberapa hari. Untuk ketahanannya tergantung pada jenis filler yang digunakan, area perawatan, dan kondisi Anda. Filler alami biasanya bertahan selama 6-18 bulan dan beberapa filler sintetis dapat bertahan hingga beberapa tahun.

Intense Pulse Light
Intense Pulse Light (IPL), alias photofacial, adalah cara untuk memperbaiki warna dan tekstur kulit Anda tanpa operasi. Perawatan ini dapat memperbaiki beberapa kerusakan terlihat yang disebabkan oleh paparan sinar matahari (photoaging). Sebagian besar photoaging tampak di leher, wajah, tangan, atau dada. IPL juga dapat membantu jika Anda memiliki kulit merah, cokelat, atau bernoda karena kondisi kesehatan.

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah salah satu prosedur rejuvenation treatment yang dapat membantu meminimalkan kerutan, garis halus, bintik-bintik hitam, bekas jerawat ringan, serta memperbaiki dan mencerahkan warna kulit.

Prosedur mikrodermabrasi dilakukan dengan cara menyemprotkan kristal mikro bertekstur kasar untuk mengikis sel-sel kulit mati dari lapisan terluar kulit. Sebagai informasi, prosedur ini dinilai minim efek samping jika dibandingkan dengan perawatan dermabrasi.

Perawatan Botox (Botulinum Toxin)

Perawatan botox merupakan prosedur kecantikan yang dilakukan dengan cara menyuntikkan obat botox pada area wajah tertentu untuk membuat permukaan kulit menjadi halus dan kencang. Namun, perlu diketahui bahwa perawatan botox hanya bersifat sementara sehingga perawatannya harus dilakukan berulang.

Umumnya, perawatan ini dapat bertahan selama kurang lebih 3–12 bulan. Selain itu, wanita hamil atau sedang menyusui sebaiknya tidak melakukan perawatan botox karena dikhawatirkan bisa menimbulkan efek samping.

Untuk kalian yang tertarik melakukan treatment, pastikan kalian melakukan perawatannya bersama dokter yang profesional di klinik kecantikan yang terpercaya pada bidangnya yaa 🥰
.
#e3aclinic #edukasikecantikan #beautyclinicjakarta #klinikkecantikanjakarta #klinikkecantikanjakartatimur#kliniklaser#laser4D#laserpico#laserpicowhitening#lasergoldtoning#ultherapy

Leave a Reply

Your email address will not be published.