Vaksin HPV E3A Klinik – Vaksin Kanker Serviks. Siapa Yang Membutuhkannya Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

 

 

Sebagian besar kanker serviks dikaitkan dengan human papillomavirus (HPV), infeksi menular seksual. Imunisasi luas dengan vaksin HPV dapat mengurangi dampak kanker serviks dan kanker lain yang disebabkan oleh HPV di seluruh dunia. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang vaksin HPV.

* Apa yang dapat dilakukan vaksin HPV?

Vaksin ini dapat mencegah sebagian besar kasus kanker serviks jika vaksin diberikan sebelum anak perempuan atau perempuan terpapar virus. Vaksin ini juga dapat mencegah kanker vagina dan vulva. Selain itu, vaksin dapat mencegah kutil kelamin, kanker dubur, dan kanker mulut, tenggorokan, kepala dan leher pada wanita dan pria.

Secara teori, memvaksinasi anak perempuan terhadap jenis HPV yang terkait dengan kanker serviks mungkin juga membantu melindungi anak perempuan dari virus dengan kemungkinan mengurangi penularan.
Untuk siapa vaksin HPV dan kapan harus diberikan?

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan agar vaksin HPV diberikan kepada anak perempuan dan laki-laki antara usia 11 dan 12 tahun. Vaksin ini dapat diberikan sejak usia 9 tahun. Sangat ideal bagi anak perempuan dan laki-laki untuk menerima vaksin sebelum mereka memilikinya. kontak seksual dan terpapar HPV . Penelitian telah menunjukkan bahwa menerima vaksin pada usia muda tidak terkait dengan awal aktivitas seksual.

Begitu seseorang terinfeksi HPV , vaksinnya mungkin tidak seefektif itu. Juga, respons terhadap vaksin lebih baik pada usia yang lebih muda daripada pada usia yang lebih tua.

CDC merekomendasikan bahwa semua anak berusia 11 dan 12 tahun menerima dua dosis vaksin HPV setidaknya dalam jarak enam bulan. Remaja yang lebih muda usia 9 dan 10 dan remaja usia 13 dan 14 juga dapat menerima vaksinasi pada jadwal dua dosis. Penelitian telah menunjukkan bahwa jadwal dua dosis efektif untuk anak di bawah 15 tahun.

Remaja dan dewasa muda yang memulai rangkaian vaksin kemudian, pada usia 15 hingga 26 tahun, harus menerima tiga dosis vaksin.

CDC merekomendasikan vaksinasi HPV untuk semua orang hingga usia 26 tahun yang tidak divaksinasi secara memadai .

* Siapa yang tidak boleh mendapatkan vaksin HPV?

Vaksin HPV tidak dianjurkan untuk wanita hamil atau orang yang sakit sedang atau parah. Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki alergi parah, termasuk alergi terhadap ragi atau lateks. Juga, jika Anda pernah mengalami reaksi alergi yang mengancam jiwa terhadap komponen apa pun dari vaksin atau dosis vaksin sebelumnya, Anda tidak boleh mendapatkan vaksin tersebut.

* Apakah vaksin HPV memberikan manfaat jika Anda sudah aktif secara seksual?

Ya. Bahkan jika Anda sudah memiliki satu jenis HPV , Anda masih bisa mendapatkan manfaat dari vaksin karena dapat melindungi Anda dari jenis lain yang belum Anda miliki. Namun, tidak ada vaksin yang dapat mengobati infeksi HPV yang ada . Vaksin hanya melindungi Anda dari jenis HPV tertentu yang belum Anda paparkan.

* Apakah vaksin HPV membawa risiko kesehatan atau efek samping?

Vaksin HPV telah ditemukan aman dalam banyak penelitian. Secara keseluruhan, efeknya biasanya ringan. Efek samping yang paling umum dari vaksin HPV termasuk rasa sakit, bengkak atau kemerahan di tempat suntikan.

 

Jika anda ingin di vaksin HPV, kamu bisa langsung datang aja di E3A Klinik dan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kami.

Hubungi kami di WA 08179988322