Mengapa saya Flek ? Kulitku Berbintik- Bintik Seperti Ini ?

Kulit Anda adalah organ terbesar yang dimiliki tubuh Anda, dan bertanggung jawab atas banyak hal menakjubkan yang mungkin tidak Anda pikirkan.

Epidermis, atau bagian terluar kulit Anda, bertindak sebagai penghalang dari hal-hal seperti sinar UV, parasit, jamur, dan bakteri. Seiring waktu, kombinasi faktor dapat membuat perubahan pada epidermis dan warna kulit Anda.

Ketika Anda mulai melihat warna kulit yang lebih gelap di bercak-bercak hitam kecil, seperti Flek, Melasma dan masalah kulit lainnya Anda berurusan dengan sesuatu yang dikenal sebagai hiperpigmentasi.

Jika Anda melihat perubahan warna kulit atau Pigmentasi pada wajah Anda, Anda bisa mendapatkan perawatan khusus kulit pigmentasi di E3A Klinik . E3A Klinik memiliki alat terbaik dengan Teknologi mutakhir terkini untuk membuat kulit Anda menjadi lebih baik.

Mari kita lihat apa itu hiperpigmentasi, apa yang mungkin menyebabkan Anda mendapatkannya, dan bagaimana cara mengobatinya!

Memahami hiperpigmentasi

Melanin adalah nama pigmen di kulit Anda yang memberi warna. Hiperpigmentasi menciptakan warna bintik-bintik hitam di area tertentu pada kulit Anda, tergantung pada apa yang menyebabkan perubahan kulit tersebut.

Jenis umum hiperpigmentasi meliputi:

Bintik-bintik penuaan : Juga dikenal sebagai bintik-bintik hati atau bintik matahari, ini muncul sebagai area datar dan gelap di wajah, tangan, bahu, dan lengan Anda.
Melasma: Ini adalah istilah yang berarti “bintik hitam ”, terlihat seperti bintik-bintik coklat atau biru-abu-abu yang kemungkinan akan memudar dalam waktu singkat.
Hiperpigmentasi pasca-inflamasi: Ketika kulit Anda meradang (dengan jerawat, ruam, goresan, dll.) dan akhirnya sembuh, ini adalah bintik-bintik yang mungkin tertinggal.

Faktor-faktor yang berkontribusi pada bintik-bintik gelap ini terbagi dalam beberapa kategori berbeda :

Lingkungan
Cara umum kulit Anda mendapatkan bintik hitam adalah dengan paparan langsung sinar UV matahari, yang merupakan penyebab umum bintik-bintik penuaan. Iritasi kulit juga dapat menyebabkan ruam dan peradangan yang mungkin terkait dengan anoreksia, yang dapat meninggalkan bintik hitam setelah sembuh.

Hormon
Kehamilan dapat mempengaruhi produksi melanin dan menciptakan bintik hitam. Suatu kondisi yang disebut penyakit Addison juga dapat mempengaruhi produksi hormon di kelenjar adrenal Anda, dan kondisi hormonal lainnya dapat membuat sintesis melanin meningkat.

Obat-obatan
Beberapa obat yang berbeda dapat menyebabkan hiperpigmentasi, termasuk obat antimalaria, obat sitotoksik, tetrasiklin, obat psikotropika, dan obat antiinflamasi. Ini juga bisa menjadi efek samping dari beberapa obat kemoterapi tersebut.

Bagaimana hiperpigmentasi dapat diobati?

Hiperpigmentasi di atasi dengan perawatan atau tindakan seperti tindakan laser. Perawatan hiperpigmentasi dapat bervariasi tergantung pada luas area yang dicakup dan penyebabnya.

Anda bisa menggunakan SPF antara 30 dan 50, atau tabir surya spektrum luas untuk hasil terbaik.

Jika ingin menghilangkan Pigmentasi pada kulit Anda, hubungi E3A Klinik di 08179988322 untuk melakukan reservasi jadwal perawatan dan silahkan kunjungi klinik kami untuk melakukan konsultasi dan perawatan bersama dr. Emilia Kasturi.