Penyebab Memakai Pelembab Yang Membuat Wajah Berjerawat

Salah satu tahapan paling penting dalam perawatan kulit adalah melembabkan kulit dengan menggunakan moisturizer atau pelembab. Pasalnya saat kulit berada dalam kondisi kering atau dehidrasi, berbagai masalah kulit akan lebih rentan untuk timbul. Saat kulit kering, kulit akan memproduksi minyak lebih banyak, yang dapat berujung pada timbulnya jerawat. Namun, bagaimana jika penggunaan pelembab malah membuat kulit kamu semakin berminyak dan berjerawat? Sebelum kamu menghentikan pemakaiannya, yuk kita cari tahu dulu apa yang menjadi alasan pelembab kamu membuat kulit berminyak dan berjerawat.

Menggunakan Produk dalam Jumlah yang Terlalu Banyak

Jika memiliki tipe kulit kering, mungkin ada yang mengira kalau kamu membutuhkan lebih banyak produk ketimbang pemilik kulit berminyak. Padahal, tipe kulit kamu jika menggunakan pelembab dalam takaran terlalu banyak, kulit dapat menjadi semakin berminyak. Sebaiknya ikuti instruksi pemakaian yang diberikan. Jika tidak ada, kamu cukup menggunakan produk sebanyak pea-sized atau seukuran kacang polong untuk seluruh wajah. Kuncinya adalah lebih memilih pelembeb yang tekstur dan formulanya cocok untuk jenis kulit kamu.

Salah Memilih Formula

Terdapat berbagai formula pelembab yang tersedia. Pertanyaanya, apakah kamu sudah memilih pelembab dengan formula yang tepat sesuai tipe kulit kamu? Apabila kamu adalah pemilik tipe kulit berminyak, lalu kamu memilih pelembab “berat” atau oil-based, yang sebenarnya ditujukan untuk pemilik kulit kering. Jangan heran jika kulit kamu akan semakin berminyak setelah memakainya. Untuk mengetahui formulasi produk yang tepat, kamu bisa berkonsultasi dengan dermatologis, mencari tahu tipe kulit kamu atau bisa mencoba produk dengan ukuran sample terlebih dahulu. Membaca review juga dapat membantu kamu untuk mendapatkan gambaran mengenal performa suatu produk lho!

Mengaplikasikan Pelembab Pada Kulit yang kering

Tahukah kamu, bahwa produk akan terserap lebih optimal jika kulit berada dalam keadaan lembab. Jika kamu merasa produk pelembab kamu membutuhkan waktu yang cukup lama sebelum benar-benar terserap, mungkin hal ini terjadi karena kamu mengaplikasikannya pada kulit yang kering. Ada yang pernah mengalami hal ini? Jika iya, kmau bisa mulai dengan mengaplikasikan pelembab seusai membersihkan wajah dan mengaplikasikan toner. Selain mempercepat proses penyerapan, kondisi kulit yang sedikit basah tersebut juga akan membantu agar kelembaban kulit kamu tetap terjaga dan terkunci dibawah pelembab.

Tidak menunggu Kulit Kering Sebelum Mengaplikasikan Make-up

Sama seperti produk skin care lainnya, dibutuhkan waktu untuk pelembab benar-benar menyerap pada kulit. Jika kamu terlalu terburu-buru dan langsung mengaplikasikan foundation pada wajah dengan keadaan pelembab belum terserap. Foundation kamu dapat terlihat blotchy dan tidak merata karena mudah bergeser. Tidak hanya itu, residu pelembab juga akan membuat wajah kamu semakin berminyak dan fundationpun tidak akan bertahan lama. Jika masalah ini sering kamu alami, coba berikan waktu kurang lebih 1-2 menit setelah mengaplikasikan pelembab agar terserap sempurna sebelum mengaplikasikan foundation.

Tidak Mencuci Tangan Sebelum Mengaplikasikan Pelembab

Penyebab utama terjadinya jerawat adalah bakteri. Sedangkan, salah satu tempat favorite bakteri untuk bersarang adalah tangan kamu. Meskipun kamu baru saja selesai mandi, jika kamu tidak langsung mengaplikasikan pelembab, tetap saja akan ada bakteri yang menempelkan? Coba kamu ingat-ingat deh, diantara waktu seusai mandi dan sebelum menggunakan pelembab, kamu sudah menyentuh hal lain. Jika kamu ingin mengurangi risiko timbulnya jerawal, selalu cuci tangan sebelum mengaplikasikan pelembab pada wajah.

Selain merawat kulit dengan pelembab yang tepat, kamu juga harus rutin melakukan perawatan di klinik kecantikan. Gunanya adalah untuk tahu kondisi kulit kamu dan treatment apa yang tepat untuk menjaga kulit wajah kamu agar tetap cantik dan sehat. Salah satu klinik kecantikan di Jakarta adalah Emily Aesthetics and Anti-Aging Jakarta Timur. Klinik kami memiliki banyak treatment, tidak hanya untuk wajah tetapi juga tubuh. Di dukung dengan alat-alat yang berteknologi dan modern. Yuk konsultasi dan dapatkan treatment terbaik kamu di klinik kami