Sudah rutin pakai krim tapi wajah belum juga kinclong? Mungkin kamu lupa memakai serum

Memiliki kulit yang bersih, mulus dan kinclong tentu menjadi dambaan banyak orang terutama para wanita. Selain menjaga kesehatan kulit dari dalam, tentu perawatan dari luar juga tidak kalah penting. Beragam produk perawatan kulit yang sekarang beredar di pasar bisa jadi pilihanmu, tentunya fungsi dan kandungannya harus sesuai dengan jenis kulit kamu yaa..

Dari sekian banyak jenis produk perawatan kulit yang populer seperti pembersih wajah dan krim wajah, serum wajah juga sekarang kian diminati di Indonesia.

Serum wajah adalah produk perawatan wajah yang digunakan setelah membersihkan wajah dan sebelum krim pelembab. Serum memiliki molekul yang jauh lebih kecil daripada molekul pelembab wajah sehingga memungkinkan serum masuk lebih dalam ke pori-pori kulitmu sehingga bisa bekerja lebih efektif.

Faktanya serum juga mengandung 10 kali lipat kandungan aktif daripada yang ada di pelembab wajah, jadi tentu bisa bekerja lebih optimal untuk merawat kulitmu. Teksturnya juga beragam, ada yang encer seperti air dan ada juga yang berupa minyak yang sedikit kental tapi tentu tidak sepekat minyak biasa.

Kenapa sih, serum penting banget buat ritual kecantikan kamu?

Serum penting karena krim pelembab wajah biasa tidak bisa masuk lebih dalam daripada serum, jadi otomatis kerjanya tidak seoptimal serum. Tentunya agar serum bisa bekerja dengan efektif di wajahmu, kamu harus menggunakan serum yang kandungannya khusus ditargetkan untuk jenis kulitmu. Misalnya kalau berjerawat, kamu bisa menggunakan serum dengan bahan aktif vitamin C, retinol, zinc atau asam salisilat. Kalau kulitmu tipe kering, kamu bisa mencoba serum berbahan aktif vitamin E, glycolic acid dan hyaluronic acid.

Oh ya.. serum yang ampuh tidak selalu mahal kok. Syarat utama kalau mau dapat hasil yang oke dengan penggunaan serum adalah produk itu harus cocok sama kulit kamu dan penggunaannya harus telaten, karena semahal apapun kalau malas dipakai ya sama aja bohong. Meski produk berkualitas, biasanya harga memang relatif lebih mahal tapi bukan berarti kamu harus beli serum super mahal sampai diluar budget kamu demi hasil yang oke kok.