TIPS MEMILIH SUNSCREEN

TIPS MEMILIH SUNSCREEN

Sinar matahari menghasilkan sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB) yang dapat menyebabkan masalah kulit, seperti penuaan kulit dan sunburn. Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit.

Sunscreen jadi elemen wajib dalam rangkaian perawatan kulit. Setelah dibersihkan dan diberi pelembap, sunscreen akan berfungsi melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari

Namun, buat kamu yang punya jenis kulit sensitif harus memperhatikan pemilihan sunscreen yang tepat agar tidak memicu jerawat bahkan iritasi.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda cek sebelum membeli sunscreen

  1. Pilih sunscreen yang memiliki tekstur nyaman

Tips memilih sunscreen untuk kulit sensitif yang ketiga yaitu pilih sunscreen yang memiliki tekstur nyaman. Tekstur menjadi hal yang harus benar-benar diperhatikan saat memilih sunscreen untuk kulit sensitif. Adapun tekstur sunscreen terbaik untuk kulit sensitif adalah gel atau lotion. Selain nyaman dan ringan, sunscreen bertekstur gel atau lotion juga mudah dibaurkan ke wajah dan cepat meresap dengan baik ke kulit.

2.Perhatikan jumlah SPF & PA pada sunscreen

Tips memilih sunscreen yang kedua yaitu memperhatikan jumlah SPF & PA pada sunscreen. SPF atau sun protection factor mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVB yang umumnya menyebabkan sunburn. Sedangkan PA (protection grade of UVA), berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UVA yang kerap menyebabkan penuaan dini. Apabila SPF diukur dengan angka, maka PA diukur dengan banyaknya tanda plus (+), mulai dari PA+ hingga PA++++. Semakin banyak tanda plus (+), semakin besar perlindungan yang diberikan terhadap sinar UVA. Itulah perbedaan SPF dan PA dalam tabir surya. SPF melindungi kulit dari paparan sinar UVB, sedangkan PA melindungi kulit dari paparan sinar UVA. Pada akhirnya, SPF dan PA sama-sama dibutuhkan karena dapat memberikan perlindungan ganda bagi kulit.
3.      Pilih Sunscreen yang Mengandung Titanium Dioxide dan Zinc Oxide
Jika jenis kulit Anda kering atau sensitif, Anda harus lebih waspada terhadap cuaca yang terik ataupun dingin. Sunscreen terbaik untuk kulit kering dan sensitif akan sangat membantu Anda dalam mencegah kulit pecah-pecah dan iritasi. Produk sunscreen yang disarankan untuk pemilik kulit kering dan sensitif adalah yang terbuat dari mineral. Pasalnya, titanium dioksida adalah mineral alami yang mampu memantulkan radiasi sinar UV dan tidak akan terurai di bawah sinar matahari. Sementara itu, zinc oksida merupakan mineral sintetis yang bertugas untuk memecah panas dan energi yang dilepaskan oleh sinar UV, serta menghalangi radiasi matahari agar menjauh dari kulit bahkan sebelum mencapai permukaan kulit. Kedua mineral ini juga lebih jarang menyebabkan reaksi alergi karena tidak meresap ke dalam kulit. Ini sebabnya sunscreen mineral adalah pilihan terbaik untuk anak-anak dan orang-orang dengan kulit yang lebih rentan terkena dampak sinar matahari. Pilihlah sunscreen mineral dengan bahan aktif yang melembapkan seperti hyaluronic acid. Anda juga dianjurkan memilih sunscreen berbentuk krim atau losion, sebab tekstur yang lebih kental dapat melindungi dan melembapkan kulit secara bersamaan. Sebaliknya, hindari produk mengandung para-aminobenzoic (PABA), dioxybenzone, oxybenzone, atau sulisobenzone. Hindari juga sunscreen yang mengandung alkohol, pewangi, dan pengawet berlebihan.

4. Pilih formula yang cocok bagi jenis kulit

Untuk kulit sensitif, cari sunscreen tanpa wewangian yang berpotensi menyebabkan iritasi. Physical sunscreen juga bisa dipilih karena tidak menimbulkan iritasi. Lalu untuk kulit berminyak, Engelman merrekomendasikan sunscreen dengan formula matte atau powdered yang dapat menyerap minyak berlebih. Kita juga harus memilih sunscreen dengan formula hypoallergenic, dan non-comedogenic jika berjerawat, sehingga tidak menyumbat pori. Lalu untuk kulit dewasa, gunakan produk yang dapat menghadapi tanda penuaan dan polutan.

#tipsmemimilsunscreen#edukasi#klinikkecantikanjakartatimur#kliniklaser#laser4D#laserpico#laserpico4D#laserpicowhitening#laserpicogold#lasertato#laserlvt#laserrejuvenating#skinbooster#ultherapy