Apa itu WELLNES..?

Apa itu Wellnes..?

Wellnes dalam artian kesehatan, berhubungan erat dengan gaya hidup/lifestyle anda. Setiap orang bertanggung jawab untuk memberikan semua faktor yang penting untuk kesehatannya seperti nutrisi yang baik, pengontrolan berat badan yang benar dan mengontrol faktor yang menimbulkan resiko seperti alkohol dan obat-obatan. Semua hal ini berperan dalam kebugaran anda.

Salah satu faktor penting untuk kebugaran anda adalah mengontrol dan menjaga berat badan anda dalam batas tertentu. Setiap orang memiliki berat ideal yang berbeda. Tapi karena pola makan yang buruk di dunia saat ini dan menurunnya nilai gizi, hal ini berpengaruh kepada jumlah dan kalori yang masuk ke badan kita. Dan sebagai efeknya sebagian orang saat ini memiliki masalah dengan berat badannya.

Saat ini di Amerika sendiri hampir 65% penduduknya mengalami kelebihan berat badan. Di Indonesia hampir 30% penduduknya mengalami kelebihan berat badan dan akhirnya membawa masalah kesehatan yang serius. Dan hal ini bukan saja terjadi pada orang dewasa tapi juga kepada anak-anak bahkan sejak mereka masih balita.

Resiko yang akan anda hadapi saat kelebihan berat badan

Saat berat badan anda melebihi yang seharusnya (10% kenaikan berat badan dari ideal) anda akan memiliki resiko yang tinggi terhadap masalah kesehatan. Masalah serius yang umum dialami adalah diabetes, masalah jantung, stroke dan kanker, dan hal ini dialami oleh merreka yang bahkan masih berusia 20an. Dan ini adalah yang menjadi penyebab kematian dini. Bahkan masalah diabetes saat ini sudah dialami oleh anak-anak sejak umur 10 tahun. Dahulu masalah ini sebagian besar terjadi kepada orang-orang berusia 40 tahun keatas.

Apa yang umum dilakukan orang untuk menurunkan berat badan?

Jika kita perhatikan, sebagian basar orang yang kelebihan berat badan tidak tahu bagaimana cara menurunkan berat badan dengan benar. Pemikiran umum yang ada dibenak mereka adalah kalau mereka mengurangi makan dan berolah raga berat badan mereka akan turun. Dan ini menimbulkan massalah besar. Kenapa?

Saat anda mengurangi makan, anda otomatis mengurangi nilai nutrisi yang masuk ke badan anda. Saat badan anda mengalami defisiensi (kekurangan) nutrisi, badan anda justru akan mengalami masalah kesehatan yang serius dan tingkat energy yang buruk. Lebih buruk lagi kalau anda mengurangi makan dan berolah raga berat. Badan anda akan makin menderita. Anda mungkin akan turun berat badan tapi yang berkurang dari badan anda bukanlah lemak tapi otot dan ini berbahaya untuk kesehatan anda.