HORMON DAN PENGARUHNYA PADA KULIT

Berbagai permasalahan pada kulit khususnya kulit wajah seperti kering, kusam, dan timbulnya bercak kehitaman (flek) memang sangat mengganggu penampilan. Perawatan dari dalam dan luar tubuh diperluk;an agar gangguan pada kulit bisa teratasi.

BERBAGAI FAKTOR PENYEBAB

Permasalahan pada kulit dapat disebabkan oleh dua factor yaitu factor internal (dari dalam tubuh) dan factor eksternal (dari luar tubuh). Factor internal seperti radikal bebas, penurunan hormone, proses metabolism, dan factor genetic. Factor eksternal contohnya gaya hidup yang tidak sehat, diet tidak sehat, polusi dan strees.

Penurunan hormone merupakan salah satu penyebab timbulnya permasalahan pada kulit dan penurunan hormone terjadinya berbeda-beda pada setiap individu dan pada penambahan usia. Pada usia muda berbagai hormone bekerja dengan baik untuk mengendalikan berbagai fungsi organ tubuh. Namun ketika usia bertambah dan menjadi tua, kemampuan tubuh memproduksi hormone berkurang sehingga berbagai fungsi tubuh pun ikut terganggu.

AKIBAT PENURUNAN HORMON

Ada beberapa hormone yang berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Factor-faktor yang memperburuk fungsi hormone, misalnya karena kurang berolahraga, kurang tidur, nutrisi yang tidak baik, efek samping obat, keracunan obat tertentu dan polusi lingkungan yang tinggi. Jika hormone berkurang, maka seseorang akan mengalami berbagai permasalahan, termasuk pula gangguan pada kulit.

TANDA-TANDA PENURUNAN HORMON

Secara fisik biasanya dimulai dengan terjadinya penurunan massa otot, lemak bertambah, timbul kerutan dan bercak kehitaman (flek) pada kulit, daya ingat berkurang, dan fungsi seksual menurun. Sementara untuk tanda psikis biasanya seseorang akan cepat lelah, sulit tidur dan mudah tersinggung. Hal ini juga disertai timbulnya penyakit-penyakit degenerative seperti hipertensi, keluhan jantung, diabetes mellitus, kanker.