Telangiektasia

Adakah tampak pembuluh darah yang berbentuk seperti cacing di area wajah anda? Atau anda pernah melihat wajah seseorang yang terdapat pembuluh darah di wajahnya yang menyerupai cacing?

 Telangiektasia adalah Pelebaran pembuluh darah di wajah  adalah kelainan jinak pembuluh darah kapiler di wajah,dimana kapiler membesar permanen. Ada 2 jenis pelebaran pembuluh darah di wajah yang sering ditemukan, yaitu telangiectasia dan spider veins .  Perbedaannya adalah di sumber kapilernya. Telangiektasia berasal dari beberapa kapiler, sedangkan spider vein berasal dari 1 arteriol (arteri kecil). Selain di wajah, pelebaran pembuluh darah juga bisa kita temukan di mana saja di badan kita.

Sebabnya apa ya?

Telangiektasia paling sering ditemukan pada pasien dengan kulit sensitif (atopi), juga pasien yang sering terkena sinar matahari yang berlebihan, pada rosacea, atau pada  pasien yang sering menggunakan krim steroid berlebihan. Pada beberapa kasus, juga dapat ditemukan pada pasien dengan penyakit autoimun, seperti lupus. Dalam praktek, penyebab yang paling sering saya temukan adalah kulit sensitif (atopi) dan pasien yang menggunakan krim secara bebas tanpa pengawasan dokter dalam jangka panjang, yang ternyata mengandung steroid.

Spider vein dapat terjadi tanpa penyebab pasti sebelumnya, atau pada kehamilan, dengan penggunaan kontrasepsi oral, atau pada pasien dengan penyakit hati, misalnya sirosis hati.

Kelihatannya seperti apa?

Telangiektasia terlihat seperti garis merah tipis di kulit , umumnya di pipi dan hidung. Dalam beberapa kasus, kapielrnya mungkin sangat kecil sehingga tidak terlihat dan hanya tampak gejala kemerahan umum di kulit.

Spider vein terlihat seperti laba-laba karena arteriol tampak sebagai titik merah ditengah (seperti badan laba-laba) dengan telangiectasia memancar keluar dari pusat (seperti kaki laba-laba).

Bagaimana Pengobatannya?

Jika karena sebab lain selain penggunaan kosmetik, misalnya karena genetis atau hormonal, maka untuk menghilangkannya diperlukan terapi khusus. Biasanya terapi yang dilakukan ada 3 jenis:

  • Laser Ablation – menggunakan sinar laser untuk memanaskan bagian kulit secara lokal sehingga warna kulit menjadi normal dan menutup kapiler yang tampak
  • Sclerotherapy Aventura – cara ini dilakukan dengan menginjeksikan bahan kimia tertentu untuk mematikan kapiler darah yang tampak sehingga kapiler menjadi jaringan parut (scar) dan akhirnya secara pelan akan hancur dan menghilang
  • Surgery – langkah operasi pembedahan ini sangat jarang dilakukan, karena hanya diterapkan pada kasus yang berat

Dari semua pilihan pengobatan tersebut, yang paling sering digunakan adalah Laser. Dengan laser pengobatan lebih aman dan tanpa rasa sakit bahkan hasilnyapun dapat langsung terlihat. Diklinik E3A kami mempunyai alat laser terbaru yang dapat membantu masalah anda yang memiliki masalah dengan Telangi dengan rasa aman dan nyaman tanpa rasa sakit.