Tahukah kamu apa itu Lichen planus???

Lichen planus adalah ruam kulit yang gatal dan bisa menyebar ke seluruh bagian tubuh penderita. Seseorang tidak bisa menularkan, tertular, atau menurunkan penyakit ini.

Bagian tubuh mana sajakah yang bisa terserang lichen planus??

Bagian tubuh yang bisa terserang lichen planus adalah mulut. Satu dari dua kasus lichen planus terjadi pada bagian mulut dan kondisi ini  lebih umum terjadi pada wanita. Selain mulut, lichen planus juga terjadi pada kulit tubuh termasuk kulit area penis, vulva, vagina, kuku, dan kulit kepala. Kondisi ini umumnya terjadi pada orang dewasa yang berusia di atas 40 tahun.

Apa saja gejalanya???

• Gejala utama lichen planus pada kulit adalah:
  • Benjolan berwarna ungu kemerahan dengan bagian atas yang rata dan mengkilat.
  • Terbentuknya sebagian kulit yang menebal dan bersisik, biasanya di sekitar pergelangan kaki.
  • Terasa gatal.
  • Perubahan warna kulit menjadi gelap setelah benjolan-benjolan mereda.

Apa saja Penyebab dan Faktor Risiko Lichen Planus???

Beberapa penyakit, kondisi medis, atau faktor risiko lain yang bisa memicu munculnya lichen planus adalah:

• Vaksin Hepatitis B.
  • Vaksin flu.
  • Infeksi Hepatitis C.
  • Beberapa pigmen, zat kimia dan logam.
  • Obat anti-inflamasi non-steroid, misalnya ibuprofen.
  • Beberapa obat untuk penyakit jantung, hipertensi, atau arthritis.
  • Obat untuk malaria.

Bagaimana cara MenDiagnosis Lichen Planus???

• Pemeriksaan fisik

Dokter akan mendiagnosis lichen planus berdasarkan karakteristik ruam pada kulit penderita.

• Biopsi

Sedikit sampel kulit penderita akan diambil untuk diteliti lebih lanjut di laboratorium jika dokter tidak yakin dengan hasil pemeriksaan fisik.

• Tes alergi.

Untuk memastikan zat apa yang memicu munculnya lichen planus, penderita akan disarankan untuk menjalani tes alergi.

Bagaimana cara mengobati Lichen Planus???

Pengobatan ditujukan hanya untuk meredakan gejala-gejala yang dirasakan penderita saja, karena lichen planus tidak bisa diobati. Pada kulit normal, lichen planus ringan bisa bertahan dari beberapa bulan hingga beberapa tahun, kemudian sembuh dengan sendirinya secara spontan. Tapi lichen planus pada lapisan mukosa (pada lapisan rongga mulut atau di dalam vagina), biasanya lebih resisten pada pengobatan dan mudah kambuh kembali.

Beberapa pengobatan dan perawatan yang bisa meredakan gejala-gejala lichen planus adalah:

• Kortikosteroid.

Obat ini bisa mengurangi peradangan akibat lichen planus. Jenis obat ini dianggap aman jika digunakan sesuai resep dan dengan durasi pengobatan yang tidak lama.

• Antihistamin

Obat ini biasanya digunakan untuk meredakan gejala alergi seperti gatal pada kulit.

• Terapi penyinaran

Laser dapat membantu meredeakan gejala-gejala yang dirasakan penderita Lichen Planus.