Penyebab Penuaan Dini- Klinik E3A

 

Seiring bertambahnya usia kita, jaringan kolagen dan elastin pada kulit akan melemah. Hal ini membuat elastisitas kulit berkurang, sehingga muncul tanda-tanda penuan, seperti kerutan, flek, melasma pada wajah. Tentunya keadaan ini terjadi pada anda yang lanjut usia, tetapi kenapa yang muda bisa mengalaminya?

Anda dianggap mengalami penuaan dini ketika Anda nampak lebih tua dari pada umur Anda seharusnya. Jika masalah tersebut terjadi, biasanya disebabkan oleh Anda sendiri dalam keseharian yang mempercepat munculnya tanda penuaan.

Berikut adalah penyebab penuaan dini yang tidak disadari:

Terpapar sinar matahari tanpa pelindung

Sinar ultraviolet (UV) yang terpancar dari matahari dapat merusak jaringan lunak pada kulit. Hasilnya, kulit menjadi mudah keriput sebelum waktunya. Selain itu, sering terpajan sinar matahari juga bisa memicu munculnya bintik-bintik penuaan berwarna kecokelatan (hiperpigmentasi) pada wajah, tangan, dan bagian tubuh lain yang sering terkena sinar matahari.

Anda bisa mengatasinya dengan mencoba menggunakan sunblock atau sunscare dan mengkonsumsi atau menggunakan produk dengan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan kulit seperti serum vitamin C.

Kurang Tidur

Kurang istirahat atau kualitas tidur yang buruk tidak hanya buruk untuk kesehatan, namun juga dapat menjadi penyebab penuaan dini kulit. Penelitian mengindikasikan bahwa orang yang memiliki gangguan tidur kronis lebih berisiko memicu gangguan pada kulit, termasuk penuaan dini. Kebiasaan kurang tidur bisa memengaruhi penampilan seseorang.

Pola Hidup Tidak Sehat

Pola hidup seperti makan turut memengaruhi keadaan kulit. Makanan dengan kandungan gizi yang buruk bisa menyebabkan penuaan dini. Salah satu mekanismenya adalah dengan menimbulkan peradangan kronis pada tubuh, seperti lemak trans yang ada di dalam makanan kalian.

Penyebab penuaan dini juga disebabkan dengan pola hidup seperti merokok mengkonsumsi minuman berakohol dan kurangnya olahraga.

Makeup atau Skincare

Seperti yang kita ketahui, alih-alih ingin memperoleh kulit yang cantik dan terhindar dari jerawat atau bintik hitam malah sebaliknya. Penggunaan makeup yang berlebihan juga memicu penyebab penuaan dini pada kulit, penggunaan skin care yang tidak tepat tepat atau sembarangan juga bisa menyebabkan kerusakan kulit.

 

Untuk mengatasi permasalahan ini, ada baiknya Anda melakukan konsultasi pada dokter klinik E3A. Klinik E3A memiliki perawatan untuk semua masalah kulit Anda. Biasanya Anda akan melakukan sejumlah perawatan wajah yang tepat dan skin care yang sesuai kuliat anda.