Bagaimana Cara Mengurangi Keriput

Tahukah anda bahwa mengurangi keriput dapat dilakukan dengan cara sederhana seperti perubahan pola makan dan menjalani gaya hidup sehat. Keriput dan garis halus lainnya muncul karena faktor pertambahan usia. Namun, keriput juga dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti penurunan elastisitas kulit, paparan sinar matahari, dan faktor keturunan. Munculnya kerutan pada kulit dapat dikurangi dengan melakukan perubahan gaya hidup.

Menghindari Paparan Sinar Matahari

Matahari merupakan pemicu tertinggi terjadinya kerutan. Pada sebuah penelitian diketahui bahwa seseorang yang mendapatkan sedikit paparan sinar matahari akan memiliki keriput lebih sedikit dan terlihat lebih muda. Gunakan tabir surya jika anda berada dibawah paparan sinar matahari. Penggunaan tabir surya dapat membantu mencegah keriput dan kanker kulit.

Berhenti Merokok

Pada beberapa penelitian menunjukan bahwa seseorang yang merokok akan mengalami penurunan enzim yang memproduksi kolagen dan elastin. Salah satu diantaranya menyatakan bahwa seseorang yang merokok memiliki kulit lebih keriput dari pada yang tidak merokok.

Memiliki Tidur Yang Cukup

Ketika tubuh tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup maka tubuh akan memproduksi hormon kortisolyang dapat memecah sel kulit. Istirahat yang cukup akan membuat tubuh memproduksi hormon pertumbuhan manusia sehingga membantu kulit lebih elastis dan cenderung tidak berkerut.

Menjaga Kelembapan Kulit

Kulit kering dapat menyebabkan keriput menjadi lebih terlihat. Kulit yang memiliki tingkat kelembapan baik dapat membantu mengurangi kerutan terutama pada dahi. Mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari dapat menjaga kelembapan kulit. Saat berolahraga atau berada dibawah paparan sinar matahari maka perlu mengkonsumsi air lebih banyak.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Penelitian menemukan bahwa asupan vitamin C dan Asam Linolenat dapat mengurangi terjadinya kulit kering. Vitamin C juga berperan untuk menurunkan resiko keriput. Mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak dan karbohidrat dapat meningkatkan terjadinya keriput.

Penggunaan Kosmetik Untuk Mengatasi Keriput

Kosmetik dapat membantu mengatasi keriput dan menyamarkan garis halus. Berikut beberapa produk kecantikan yang dapat membantu :

  • Retinol

Retinol merupakan bentuk yang lebih ringan dari tretinoinTretinoin dapat membantu mengatasi jeraweat dan keriput. Retinol dapat membantu meningkatkan regenerasi sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Retinol tidak dapat digunakan dibawah sinar matahari sehingga sebaiknya digunakan pada malam hari.

  • Asam Glikolat

Asam Glikolat merupakan asam alfa hidroksi yang digukanan untuk mengelupaskan kulit dan menumbuhkan kulit yang lebih muda. Asam Glikolat dapat meningkatkan sensitivitas terhadap paparan matahari, sehingga perlu memakai tabir surya setelah penggunaan asam glikolat.

  • Vitamin C

Vitamin C yang digunakan secara topikal atau dioleskan pada kulit dapat meningkatkan produksi kolagen, melindungi terhadap kerusakan sinar UV A dan UV B, memperbaiki maslah pigmentasi, dan memperbaiki kondisi kulit yang sedang bengkak. Sebagian besar penelitian menunjukan bahwa bentuk asam L-Askorbat merupakan paling bagus untuk menghilangkan kerutan.

 

Nah selain melakukan hal-hal sederhana diatas, kamu tetap harus melakukan perawatan di klinik kecantikan. Kini di Klinik Emily Aesthetics and Anti-Aging terdapat perawatan terbaru, yakni Ultherapy Treatment. Perawatan yang dapat menaikkan kulit wajah yang kendor dan tentunya dapat menghilangkan keriput juga membuat wajah anda tetap awet muda. Satu-satunya klinik kecantikan yang ada di Jakarta Timur ini tidak kalah bagus dibandingkan dengan klinik yang ada di daerah DKI Jakarta. Klinik yang memiliki alat-alat yang bagus dan advance paling lengkap. Untuk itu datang dan konsultasikan keluhan dari kulit wajah anda dan dapatkan treatment paling tepat untuk mengatasinya.