Vitamin D dan Kesehatan Tulang

Sebagian besar masyarakat telah menyadari pentingnya kalsium untuk kesehatan tulang namun kebanyakan dari kita tidak menyadari bahwa suplemen atau makanan yang kita konsumsi untuk kesehatan tulang mungkin kurang menganung vitamin D.

 

Mengapa vitamin D sangat penting?

Vitamin D membantu proses pembentukan tulang dan menjaga tulang kita agar tetap kuat dengan membantu penyerapan kalsium di saluran pencernaan yang berasal dari makanan ataupun dari suplemen. Vitamin D juga bekerja sama dengan vitamin, mineral dan hormon untuk menjaga kesehatan tulang kita. Ketika konsentrasi vitamin D dalam tubuh kita berada di bawah nilaki yang dianjurkan maka resiko terjadinya gangguan kesehatan tulang dapat meningkat.

 

Apa penyebab vitamin D mengalami defisiensi?

Defisiensi (kekurangan) vitamin D dapat disebabkan oleh beberapa factor, antara lain:

  • Usia > 50 tahun
  • Kurngnya asupan makanan atau suplemen yang mengadung vitamin
  • Gaya hidup yang menyebabkan kurangnya pajanan sinar matahari

 

Apa saja yang akan terjadi jika kita mengalami defisensi vitamin D pada tulang?

Defisiensi vitamin D pada orang dewasa dapat menyebabkan otot proksimal menjadi lemah, nyeri tulang, osteomalacia, hiperparatiroid sekunder, meningkatkan turnoer tulang dan kehilangan massa tulang yang bersifat progresif sehingga meningkatkan resiko osteoporosis. Jika Anda memiliki beberapa keluhan seperti di atas, Anda dapat menghubungi E3A Klinik, E3A Klinik merupakan klinik kecantikan di Jakarta timur yang dapat membantu Anda meringankan gejala tersebut dengan beberapa perawatan.

Osteoporosis merupakan suatu penyakit tulang yang tidak menunjukkan gejala (silent bone disorder) atau nyeri sampai patah tulang itu terjadi. Individu yang mengalami osteoporosis seringkali mengalami penurunan tinggi badan seiring dengan bertambahnya usia, dan seringkali disertai dengan perubahan struktur tulang punggung sehingga penderita osteoporosis menjadi bungkuk. Kebanyakan penderita osteoporosis mengalami patah tulang pinggul, pergelangan tangan atau bahkan tulang punggung.